Rabu, 15 Agustus 2012

PEMAIN TERBAIK EROPA


        Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa 



NYON (Pos Kota) – Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akhirnya merilis tiga nama kandidat peraih penghargaan pemain terbaik Eropa 2012, Selasa (14/8) malam waktu setempat atau Rabu (15/8) dinihari WIB. Kompetisi La Liga Spanyol kembali mendominasi dengan menempatkan duo Barcelona, penyerang Lionel Messi dan gelandang Andres Inesta serta bintang Real Madird, Cristiano Ronaldo. Kehadiran Iniesta di antara Ronaldo dan Messi adalah bukti betapa kesuksesan timnas Spanyol tidak bisa dikesampingkan.
Ketiga pemain mega bintang ini menjadi finalis sesuai dengan suara dari 53 jurnalis olahraga dari setiap negara yang menjadi anggota UEFA. Meski Ronaldo dan Messi disebut-sebut masih menjadi favorit mendapat penghargaan ini, namun keberadaan Inesta tetap tidak bisa dianggap sebelah mata. Salah satu kelebihan Inesta dari dua kandidat favorit tersebut adalah suksesnya bersama Spanyol di Piala 2012 pada bukan Juni lalu.
Sebaliknya, meski sukses di level klub, Ronaldo dan Messi kerap kali gagal mempersembahkan trofi buat timnas Portugal dan Argentina dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran jika kehadiran Inesta dalam tiga kandidat peraih Ballon d’Or disambut oleh sekitar 500 orang di pusat kota Fuentealbilla, kampung halaman Iniesta. Tidak heran jika Inesta berharap penghargaan itu diberikan kepada dirinya demi melengkapi sejarah yang diukir Spanyol.
“Timnas Spanyol telah mencatatkan diri dalam tintas emas sejarah. Yang terpenting, kami dapat membawa kegembiraan bagi rakyat negeri ini. Kami ingin terus mempersembahkannya lagi. Saya berharap penghargaan itu diraih pemain Spanyol, meski bakal banyak yang mengajukan pilihannya dan kita harus menunggu hasilnya,” tegas Iniesta di depan fans “La Furia Roja,” tandas Iniesta merujuk pada sejarah yg diukir Spanyol sebagai yang mampu mempertahankan gelar Piala Eropa dan mencetak hatrick gelar dalam kurun waktu empat tahun terakhir.
Gelar pemain terbaik ini pertama kali diadakan UEFA tahun 2011. Pemain yang berhak masuk dalam nominasi adalah mereka yang bermain untuk klub di liga anggota UEFA tanpa memandang negara asal pemain. Pemilihan pemain terbaik Eropa ini merupakan pengganti Ballon d’Or. Pergantian gelar ini diputuskan setelah FIFA menggabungkan gelar tersebut dengan Pemain Terbaik Dunia dan menjadi FIFA Ballon d’Or sejak 2010.
Tahun 2011, Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik mengalahkan Xavi dan CR7 yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Perebutan gelar kali ini, Messi dianggap kembali punya peluang besar untuk menjadi pemain terbaik yang keempat kalinya. Tahun ini, pengumuman pemenang akan dilakukan pada 30 Agustus mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar