Senin, 13 Agustus 2012

AKHLAQ PRESIDEN IRAN

                 Indahnya akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad 

     celotehalafacebook.blogspot.com - Mahmoud Ahmadinejad, ketika di wawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya: "Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?"

Jawabnya: "Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya: "Ingat, Engkau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran ."



Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan

Berikut adalah gambaran Ahmadinejad, yang membuat orang ternganga, saya pribadi juga takjub, mana ada sosok sederhana seperti beliau di negeri kita? waktu ini:



  1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan beliau menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang mahal dan tinggi nilainya itu kepada masjid-masjid di Teheran lalu diganti dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

  2. Beliau merubah kebijakan bahwa ruangan besar dan mewah yang biasanya digunakan untuk menerima dan menghormati tamu VIP untuk dirubah, beliau memerintahkan kepada pihak protokoler kenegaraan untuk menutup ruangan tersebut dan menggantinya menjadi ruangan biasa dengan kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

  3. Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan
  4. Di banyak kesempatan beliau terbiasa bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah pribadi maupun di kantor kepresidenannya.

  5. Di bawah kepemimpinannya, ia meminta menteri-menterinya untuk datang kepadanya secara langsung dan menteri-menteri tersebut menerima sebuah dokumen yang berisikan arahan-arahan darinya, petunjuk tersebut terutama sekali menekankan kepada para menteri untuk tetap hidup sederhana dan di dokumen itu disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri itu masa jabatannya berakhir maka mereka dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak (anti korupsi).

  6. Langkah pertama ahmadinejad adalah mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening bank bersaldo minimum, dan satu-satunya uang yang masuk adalah berasal dari uang gaji bulanannya.

  7. Gaji Ahmaddenejad sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

  8. Sebagai tambahan informasi, Presiden Iran tersebut masih bertempat tinggal di rumahnya sendiri. Hanya itulah milik sang presiden dari negara yang sangat penting dimata dunia baik secara strategis, ekonomis maupun politis, belum lagi jika dilihat dari kekayaan minyak dan tehnologi pertahanan. dan anehnya ia tidak mengambil gaji atas kepemimpinannya, dengan alasan bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia hanya bertugas untuk menjaga amanat tersebut.

  9. Hal lain yang menimbulkan kekaguman para staf kepresidenan adalah bahwa tas yang selalu dibawa sang presiden setiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan oleh istri beliau dan beliau sangat menikmati menu makanan tersebut, ahmadinejad juga menghentikan kebiasaan protokoler kenegaraan yang terjadual menyediakan menu makanan khusus kepresidenan.

  10. Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan
  11. Hal lain yang ia ubah adalah tentang kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubah fasilitas tersebut hanya menggunakan pesawat kargo dengan tujuan agar menghemat pajak masyarakat. dan untuk dirinya sendiri ia menggunakan fasilitas hanya dengan pesawat terbang biasa - kelas ekonomi.

  12. Ia seringkali mengadakan rapat dengan para menteri untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan. ahmadinejaad pun memotong aturan protokoler istana sehingga para menteri dapat langsung memasuki ruangannya tanpa ada hambatan dan aturan berbelit-belit. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara-upacara sambutan di atas karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau mengenai hal-hal seperti itu saat berkunjung ke berbagai tempat di negaranya.

  13. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? silahkan dihikmahi dan apakah anda pernah tahu pemimpin yang bersahaja seperti ini?

    hari-hari biasa presiden Iran tersebut hanya tidur di ruang tamu rumah pribadinya,  sesudah lepas dari para pengawal yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto tersebut diambil oleh adiknya, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.

  14. Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan
  15. Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka

  16. Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan
  17. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa. (bersediakah presiden kita, gubernur, bupati, dan atau camat sekalipun melakukan hal seperti ini?)

  18. Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan
  19. Ia juga tidak mau bersalaman dengan wanita yang bukan muhrimnya, cukup menundukan kepala sebagai rasa hormat.

  20. Indahnya Akhlaq Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad - Ardiz Tarakan
Semoga saja pemimpin kita seperti ini, kalau tidak sekarang mungkin nanti, atau jika sudah tiba waktunya... semoga saja



diolah dari sumber:


yahya AZ (yahyazein@******.com)


1 komentar:

  1. masyaalloh..... adai kan imamku seperti beliau .... sangat sederhana.....

    BalasHapus